Asa Pengusaha Mal Lepas dari Tekanan Omicron Lewat Promo Imlek

Pusat perbelanjaan atau mal di berbagai kota besar di Tanah Air meramaikan Tahun Baru Imlek 2022 ini dengan bermacam-macam promo menarik. Tak hanya itu, restoran-restoran juga merayakan momen itu dengan berbagai penawaran spesial.

Salah satunya, Grand Indonesia. Mereka merayakan Tahun Baru Imlek dengan berbagai kegiatan menarik yang bisa diikuti pengunjung baik secara virtual maupun tatap muka.

Mal yang berlokasi di Jakarta Pusat tersebut memberikan promo bertemakan Eclectic Lunar Fortune Points.

Dengan promo ini, mereka akan memberikan poin khusus dengan nilai minimal belanja tertentu.

“Dapatkan kesempatan untuk memenangkan 888 G Card Point dengan minimum belanja Rp888 ribu di tenant-tenant kami,” tulis akun Instagram @grandindo, Jumat (28/1).

Tak hanya itu, mereka juga menyediakan photobooth dan filter Instagram yang dapat digunakan secara gratis bagi seluruh pengunjung Grand Indonesia. Promo tersebut mulai berlaku mulai tanggal 28 Januari hingga 10 Februari 2022.

Tak hanya Grand Indonesia, langkah sama juga dilakukan Margo City Mall Depok. Mereka turut memeriahkan pergantian kalender China melalui program Barongsai Show dengan tiket yang terjangkau mulai dari Rp10 ribu per orang.

Demi memanjakan pengunjung, mereka juga memberikan penawaran khusus bagi yang berbelanja dengan minimal Rp1,5 juta dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan Angpao dari pohon keberuntungan.

Grand City Mall Surabaya memanjakan pengunjung lewat program bagi-bagi Angpao dengan minimal belanja Rp100 ribu.

“Dari 31 Januari sampai 6 Februari 2022, kalian bisa dapetin Lucky Angpao dengan menukarkan struk belanjaan minimum Rp100 ribu (berlaku di semua tenant Grand City Mall). Jadi, tunggu apa lagi?,” tulis akun @grandcitymall di Instagram.

Dari Medan, Sun Plaza Mall Medan bahkan mengadakan promo Tahun Baru Imlek dengan periode yang lebih panjang yakni 14 Januari hingga 13 Februari 2022. Selain atraksi Barongsai, pengelola juga menyediakan Angpao bagi pengunjung yang berbelanja dengan minimal Rp350 ribu.

Selain itu, pengelola juga akan mengadakan festival busana urban bagi kalangan milenial yang bertajuk Street Wear Festival.

Tak ketinggalan, Trans Studio Mall (TSM) Makassar juga mengadakan berbagai promo menarik bagi nasabah Bank Mega. Promo tersebut berlaku di berbagai jenis tenant mulai dari makanan ringan, minuman, coffee shop, hingga restoran tertentu.

“Nikmati potongan diskon 50 persen + 25 persen untuk setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit Bank Mega,” tulis akun @tsmmakassar.

Promo dan penawaran khusus yang diberikan pengelola pusat perbelanjaan memang dilakukan setiap tahun. Namun kali ini, promo-promo tersebut diberikan demi mendongkrak jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan.

Maklum, dalam beberapa minggu terakhir jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan turun signifikan dipicu penyebaran varian omicron yang kian meningkat.

“Sejak kemarin sudah mulai terjadi penurunan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan kurang lebih sekitar 10 hingga 20 persen dibandingkan beberapa minggu lalu,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja seperti di kutip dari CNN INDONESIA Minggu (30/1).

Ia menjelaskan jumlah kunjungan turun sebab masyarakat lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan di luar rumah, tak terkecuali berbelanja di mal. Ia pun berharap promo yang ditawarkan pengelola pusat perbelanjaan dapat mendongkrak jumlah kunjungan.

“Diharapkan akan ada peningkatan tingkat kunjungan pada Hari Imlek ini,” katanya.

Menurut Alphonzus, produk yang diincar masyarakat sebelum dan sesudah Hari Raya Imlek akan berbeda. Sebelum Imlek, busana dan keperluan Imlek akan menjadi produk yang diincar masyarakat.

Sementara makanan, minuman, hingga hiburan akan menjadi produk yang diincar pasca Imlek.

Walau ia memperkirakan efek Imlek tak bertahan lama, namun menurut keyakinannya jumlah kunjungan tahun ini lebih baik dibandingkan 2021 lalu.

“Diperkirakan (efek Imlek) hanya sampai dengan 6 Februari 2022 saja. Namun akan lebih baik tahun ini karena pada saat Imlek 2021 lalu saat masih ada PPKM Mikro,” ucapnya.

Wakil Ketua Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Restoran Emil Arifin juga berharap promo yang ditawarkan pelaku usaha restoran dapat mendorong masyarakat untuk bersantap di luar rumah.

“Ya mudah-mudahan bisa menaikkan jumlah kunjungan. Kita harapannya bisa naik 10 sampai 20 persen gitu ya,” ujarnya.

Harapan tersebut terlontar lantaran Arifin mengaku jumlah kunjungan masyarakat ke restoran juga tergerus hingga 20 persen dibandingkan beberapa minggu yang lalu.

Oleh karenanya, pelaku usaha restoran memberikan beragam promo.

“Macam-macam promonya. Mulai dari promo harga, beli beberapa makanan dapat diskon berapa dan sebagainya,” ucapnya.

Di tengah omicron, ia masih yakin jumlah kunjungan masih akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Tahun sebelumnya lebih parah kan ya, masih banyak peraturan PPKM. Yang pasti tahun lalu kan banyak peraturan, sekarang lebih ringan dan semoga enggak dinaikkan ke PPKM level 3 walau omicron,” pungkasnya.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts