Menpora Harap Pencak Silat Tanding di Olimpiade

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap Pencak Silat bisa dipertandingkan di Olimpiade.

Harapan Menpora itu disampaikan saat menghadiri pelantikan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) masa bakti 2021-2025. Prabowo Subianto kembali terpilih sebagai Ketua Umum PB IPSI.

Menpora menyebut pencak silat masuk dalam olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Karena itu, ia berharap pencak silat bisa masuk dan dipertandingkan di Olimpiade.

“Kita baru saja melahirkan DBON. Pencak silat masuk dalam cabang olahraga unggulan di dalamnya dan diharap dapat berprestasi sampai level yang paling tinggi yaitu Olimpiade.”

“Nah, bagaimana pencak silat road to Olympic ini bisa tercapai. Butuh kerja sama dan kolaborasi. Saya optmis suatu saat nanti pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade,” ujar Amali dalam rilis resmi Kemenpora.

Prabowo Subianto dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua KONI Marciano Norman di Padepokan Pencak Silat Indonesia, Senin (31/1).

“Pemerintah mengucapkan selamat kepada bapak Prabowo Subianto yang telah bersedia memimpin kembali PB IPSI untuk masa bakti 2021-2025.”

“Pemerintah siap memberi dukungan untuk pengembangan prestasi silat,” kata Menpora Amali.

Prabowo dalam sambutannya pun turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membantu perkembangan pencak silat sejauh ini. Prabowo pun punya harapan yang sama untuk bisa membawa pencak silat ke pentas Olimpiade.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang dalam hal ini diwakili bapak Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali atas dukungan yang diberikan kepada pencak silat selama ini,” tutur Prabowo Subianto.

“Kita memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus dan pembina pencak silat di Indonesia adalah suatu kehormatan yang besar. Kita harus laksanakan ini dengan penuh tanggung jawab,” ucapnya melanjutkan.

Pada Asian Games 2018, pencak silat sukses jadi salah satu tambang medali emas Indonesia. Pencak silat meraih 14 emas dan satu perunggu untuk kontingen Indonesia.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts