Misteri Pembuang Limbah Tes Antigen di Selat Bali

Pembuang limbah tes antigen yang mengotori pantai Kapuran, Desa Katapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi masih misteri. Sejumlah pihak tengah menelusuri.

Polresta Banyuwangi dan Dinas Kesehatan menerjunkan tim menyelidiki temuan di Selat Bali tersebut. Mengingat peralatan medis termasuk limbah B3.

“Kalau nanti tim kami sudah mendapatkan informasi secara detail, nantinya menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil tindakan selanjutnya,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, Amir Hidayat kepada wartawan, Selasa (1/2/2022).

Dinkes Banyuwangi akan memanggil seluruh pengelola rapid test antigen antigen terkait persoalan ini.

“Akan kita kumpulkan lagi para penanggung jawab gerai rapid test antigen, supaya permasalahan ini dapat segera teratasi,” jelas.

Menurutnya limbah medis tersebut merupakan pelanggaran serius, sehingga menjadi atensi Satgas COVID-19.

“Kalau sudah seperti ini, nantinya APH (aparat penegak hukum) yang akan melakukan penindakan. Karena tindakan seperti itu tidak boleh,” kata Amir.

Satpolairud Polresta Banyuwangi sudah mendatangi lokasi tempat pembuangan limbah medis tersebut. Barang bukti sudah diamankan.

“Kita dicek di darat dan memang ada juga, ada sebagian sudah sempat dibakar kita amankan dan kita bawa ke mako,” ungkap Kasat Polairud Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza kepada wartawan, Selasa (1/2/2022).

Sebelumnya, ribuan limbah medis tes antigen dibuang di laut. Ribuan limbah bekas alat tes antigen ditemukan berserakan di sepanjang pantai di Selat Bali. Diduga, limbah medis ini sengaja dibuang.

ampah yang tergolong berbahaya ini viral beberapa hari ini di Banyuwangi. Dua video viral mengabadikan banyaknya sampah medis itu berserakan di sepanjang pantai Selat Bali.

Dua video merekam adanya sampah medis bekas rapid test antigen penumpang yang akan menyeberang ke Bali. Video pertama berdurasi 30 detik menunjukkan adanya rapid test kits yang terdiri dari ribuan cutton buds rapid test antigen mengambang. Sementara video kedua, terdapat beberapa rapid test antigen kits yang dibuang dan dibakar di pinggir pantai.

Perekam video, Danil mengaku mengabadikan banyaknya sampah medis bekas rapid test antigen mengambang di sepanjang pantai pada hari Minggu (30/1/2022) lalu. Sampah medis itu ditemukan di sepanjang pantai di depan Terminal Sritanjung, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro.

Dilansir dari laman: news.detik.com

Related posts