Syarat Pertandingan Liga 1 Usai PPKM Jawa Bali Diperpanjang

Kemendagri menerbitkan aturan teknis terkait gelaran Liga 1 2021 usai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level di wilayah Jawa dan Bali untuk mengatasi Covid-19 diperpanjang sepekan, 1-7 Februari mendatang.

Aturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang diterbitkan pada 31 Januari 2022.

Inmendagri Nomor 6 Tahun 2022 mengenai PPKM Jawa-Bali salah di antaranya memuat soal pelaksanaan Liga 1 2021 yang memasuki seri keempat. Dalam aturan teknis itu disebutkan Liga 1 dapat menggelar maksimal 9 sembilan setiap minggunya.

Disebutkan pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan.

Uji coba pertandingan Liga 1 dengan penonton juga harus mengikuti beberapa ketentuan. Mulai dari uji coba pertandingan dengan penonton dilakukan satu pertandingan setiap minggunya, jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion, dan hanya penonton dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk di stadion.

Seri keempat Liga 1 2021 sendiri berlangsung di Bali sejak 5 Januari-20 Februari. Namun, belakangan gelaran kompetisi kasta tertinggi di tanah air ini dilanda badai Covid-19.

Kasus Covid-19 di Liga 1 mulai marak sejak tengah bulan Januari 2022 ketika ada beberapa pemain Arema FC yang tidak bisa tampil melawan PSIS Semarang.

Setelah itu menjelang akhir Januari beberapa klub mengumumkan pemain-pemainnya positif Covid-19. Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, PSS Sleman, dan Persija Jakarta tercatat sebagai klub-klub yang harus bermain tanpa kekuatan terbaik lantaran pemain absen karena Covid-19.

Sementara itu, Inmendagri Nomor 6 Tahun 2022 mengenai PPKM Jawa-Bali juga sekaligus memberikan lampu hijau untuk berlangsungnya International Youth Championship, Liga Futsal Profesional Indonesia, dan Development Basketball League (DBL).

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts