Pendiri Label Musik Pertama Metallica, Jon Zazula Meninggal

Jon Zazula, salah satu pendiri label musik Megaforce Records yang menaungi Metallica di awal karier, wafat di usia 69 tahun di rumahnya di Florida, pada Selasa (1/2) waktu Amerika Serikat.
“Dunia kehilangan seorang legenda hari ini. Ayah kami telah menjalani kehidupan yang cepat, berat, kuat, dan berdampak layaknya musik yang dia bawa ke dunia ini,” tulis putri Zazula, Rikki, lewat Facebook.

“Semangat dan kegigihannya membawa karier band metal paling berpengaruh dan industri hebat dari satu generasi,” sambungnya.

Pria yang dikenal sebagai Jonny Z ini sebelumnya kehilangan sang istri, Marsha, yang meninggal pada Januari 2021. Marsha tutup usia di usia 68 tahun setelah berjuang melawan kanker.

“Ayah dan ibu kami merupakan pasangan yang kuat dalam cinta, kehidupan, dan bisnis,” kata Rikki.

“Meskipun kami berduka atas kepergiannya, akhirnya mereka telah bersatu kembali,” lanjutnya.

Metallica pun turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian Zazula. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Jon dan Marsha karena telah memberikan kesempatan pada band yang beranggotakan empat orang itu.

“Pada 1982, ketika tidak ada yang mau memberikan kesempatan kepada empat bocah dari California yang bermain band metal, Jonny dan Marsha mau, dan sisanya, seperti yang lain katakan, tinggal sejarah,” tulis Metallica lewat akun Twitter.

Band pelantun Enter Sandman itu mengatakan, sosok Zazula itu layaknya seorang mentor, manajer, pimpinan label rekaman, hingga ayah kandung. Metallica turut bersimpati kepada anak-anak dan cucu-cucu Zazula yang kini ditinggalkan Jon dan Marsha.

“Semoga ada penampilan yang keren di atas sana untuk menyambutmu!” tulis Metallica.

Zazula yang mendirikan Megaforce Records dikenal sebagai label rekaman yang mengeluarkan album untuk Metallica, Anthrax, hingga Testament.

Label rekaman tersebut merilis dua album pertama Metallica, bertajuk Kill ‘Em All (1983) dan Ride the Lightning (1984).

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts