Kata Ustaz Soal Istri Tutup Aib KDRT Suami

Aktris Oki Setiana Dewi jadi viral lantaran konten ceramah yang menceritakan soal perempuan yang ditampar suaminya namun menutup aib suaminya.

Ceramah itu menjadi kontroversi, lantaran banyak yang berpandangan cerita tersebut tidak masuk akal dan tindakan kekerasan yang dilakukan suami bukan hal yang harus ditutupi, tapi harus dilaporkan.

Ustaz Mahbub Maafi Ramadhan, Wakil Sekretaris Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU) menyebut perlakuan kekerasan apalagi tindak pemukulan harusnya dilaporkan. Aib itu justru harus dibuka karena seorang istri tak berhak mendapat perlakuan kasar suami.

“Betul istri harus taat ke suami, tapi kalau suami bertindak kasar ya harus lapor. Nabi pernah bersabda, sebaik-baiknya kalian adalah orang yang berbuat kebaikan ke keluarga termasuk ke istri. Dan aku adalah orang terbaik dalam memperlakukan keluarga,” kata Mahbud saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui telepon, Kamis (3/1).

Mahbub menyebut, jika suami berperangai buruk bukan hanya melakukan tindak kekerasan tetapi juga tak memberi nafkah istri secara lahir dan batin, negara, dalam hal ini pengadilan harus hadir.

Kehadiran negara dan pengadilan ini tak bisa tiba-tiba datang tanpa laporan dan istri. Maka istri memang harus melapor atau memberitahukan apa yang dialami dalam rumah tangganya.

Di dalam khazanah fiqih, perilaku atau tindakan KDRT suami adalah perilaku durhaka terhadap rumah tangga. Selama ini banyak orang yang salah mengartikan dalam rumah tangga hanya istri yang bisa durhaka, padahal suami pun bisa dan tentu harus mendapat hukuman karena durhaka terhadap istri.

“Jika suami berperangai buruk, memukul tanpa alasan jelas ini namanya durhaka. Tidak cuma istri yang bisa, suami juga bisa,” Katanya.

Soal menjaga aib suami, Mahbub tak membantah istri memang harus menjaga aib suami. Tapi bukan hanya istri, suami juga harus melakukan hal yang sama. Jika ada permasalahan dalam rumah tangga, lumrahnya memang diselesaikan oleh keduanya tanpa melibatkan orang lain.

Hanya saja ada pengecualian, tak semua masalah bisa diselesaikan berdua. Jika sudah menyangkut kekerasan, istri maupun suami wajib melaporkan hal tersebut ke ranah hukum.

“Atau ya minimal cerita dulu ke keluarga, ingat ya istri bukan samsak tinju, jangan berlindung dalam istilah kewajiban istri menutup aib, memang suami wajib memukul istri? tidak kan,” katanya.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts