Pertandingan IBL Dihentikan Sementara Akibat Covid-19

Penyelenggara Indonesian Basketball League (IBL) memutuskan untuk menghentikan sementara pertandingan seri kedua musim ini.

Langkah preventif ini diambil untuk menghentikan penyebaran Covid-19. IBL seri kedua yang berlangsung di Bandung rehat sementara sejak Kamis (3/2) sampai Sabtu (5/2) mendatang.

“Hari Kamis (3/2) , Jumat (4/2) dan Sabtu (5/2) kami putuskan untuk tidak mempertandingkan game sebagai upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19,” kata Junas Miradiarsyah, Direktur Utama IBL melalui pernyataan di laman resmi.

Beberapa pemain telah dinyatakan positif Covid-19 saat dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) berkala. Bahkan hasil serupa juga diterima oleh enam orang wasit yang bertugas pada seri kedua IBL yang semula dijadwalkan berlangsung 29 Januari-5 Februari.

“Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personel yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif,” ucap Junas.

“Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan,” ia menambahkan.

Sedangkan Dr. Panudju yang berstatus pendamping dalam penyelenggaraan IBL menegaskan langkah mitigasi dengan menghentikan sementara pertandingan harus dilakukan mengacu situasi yang terjadi saat ini.

“Langkah mitigasi seperti ini memang harus dilakukan. Kita juga telah melakukan karantina, isolasi, dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif,” ujarnya.

Selain mitigasi ini, IBL juga membuat rencana untuk memperpanjang seri kedua di Bandung untuk kembali melanjutkan sisa pertandingan yang mengalami penundaan akibat kasus positif Covid-19.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts