Keterisian RS Rujukan Covid Paling Tinggi di Jakarta, Bali, Banten

Kementerian Kesehatan mencatat tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) rujukan virus corona (Covid-19) mencapai 26 persen.

Dari total 74.420 tempat tidur isolasi Covid-19 di 34 provinsi yang tersedia, sebanyak 19.331 di antaranya telah terpakai. Data tersebut berasal dari Kemenkes per 7 Februari.

Keterisian ruangan Intensive Care Unit (ICU) untuk perawatan pasien Covid-19 gejala berat hingga kritis sudah mencapai 14 persen. Dari 8.101 tempat tidur di ruangan ICU yang tersedia, 1.108 di antaranya telah terpakai.

Kemenkes juga menyoroti tiga provinsi dengan keterisian rumah sakit, baik perawatan isolasi maupun ICU yang paling tinggi dibanding daerah lainnya di Indonesia.

Tiga provinsi itu antara lain DKI Jakarta, Bali dan Banten. BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di Jakarta mencapai 66 persen. Kemudian Bali 45 persen lalu Banten 39 persen.

Provinsi selanjutnya dengan tingkat keterisian tempat tidur baik isolasi maupun ICU tertinggi yakni Jawa Barat 32 persen. Disusul DI Yogyakarta 18 persen dan Jawa Tengah 15 persen.

Kemudian masing-masing 13 persen terjadi di Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan. Lalu keterisian 12 persen di Lampung dan Bengkulu. Selanjutnya, keterisian 9 persen terjadi di empat provinsi, yakni Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Kemenkes juga mencatat keterisian tempat tidur rujukan pasien Covid-19 di provinsi Maluku dan Jambi berada di 8 persen. Kemudian 6 persen di masing-masing provinsi, yakni Kalimantan Timur, Papua, Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Selanjutnya lima provinsi dengan BOR rumah sakit rujukan Covid-19 5 persen, yakni di Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Tengah.

Lalu keterisian masing-masing 4 persen terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, dan Maluku Utara. Kemudian BOR 3 persen di Sulawesi Tengah. Terakhir masing-masing 2 persen di provinsi Kalimantan Utara, Aceh, dan Gorontalo.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts