Tiga Pasien Covid di Palembang Meninggal Saat Isoman

Sebanyak tiga pasien virus corona (Covid-19) bergejala atau simtomatik di Palembang, Sumatera Selatan, yang menjalani perawatan isolasi mandiri (isoman), meninggal dunia.

Satu pasien meninggal dunia pada Senin (7/2), warga Kecamatan Sukarami. Selain itu, katanya, pada Minggu (13/2) dua pasien isoman juga meninggal dunia. Mereka warga Kecamatan Ilir Barat II dan Ilir Timur III Palembang.

Juru Bicara Satuan Tugas COVID-19 Dinas Kesehatan Kota Palembang Yudhi Setiawan mengatakan dua pasien yang meninggal pada Minggu memiliki komorbid sehingga memengaruhi kesehatan para pasien tersebut.

Yudhi menambahkan saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Palembang ada 2.854 orang.

Dari Jumlah tersebut, sebagian besar kasus Covid-19 berstatus simtomatik yakni 2.437 kasus, meliputi 12 orang dirawat intensif di rumah sakit, 2.301 orang perawatan isolasi, dan 124 orang sembuh.

Selebihnya merupakan kasus Covid-19 berstatus asimtomatik atau tanpa gejala yakni 417 kasus terdiri atas 389 orang menjalani perawatan isolasi mandiri dan 28 orang sembuh.

Jumlah kasus Covid-19 tersebut dihimpun dari hasil pemeriksaan tes usap antigen dan PCR masyarakat. “Mereka umumnya bergejala ringan hingga sedang dan diisolasi,” ujar Yudhi, Senin (14/2).

Yudhi mengimbau masyarakat tidak khawatir melakukan pemeriksaan tes usap antigen atau PCR yang tersedia di fasilitas kesehatan.

Dengan menjalani pemeriksaan, penyebaran Covid-19 bisa dideteksi dini dan mereka yang terkonfirmasi bisa segera ditangani secara medis.

Dia memastikan pemerintah sudah menyiapkan 19 rumah sakit rujukan Covid-19 dan fasilitas kesehatan lain seperti puskesmas di Palembang yang siap untuk melakukan upaya perawatan.

Berdasarkan rekap data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, keterisian tempat tidur di 19 rumah sakit rujukan Covid-19 di Palembang saat ini 49 persen, di mana dari 813 tempat tidur yang disediakan sudah terisi 404 pasien.

Untuk tempat tidur isolasi Covid-19 terisi 380 pasien atau 50 persen dari jumlah 764 tempat yang disiapkan. Tempat tidur ICU terisi 24 pasien dari 67 unit yang disediakan.

Related posts