Tes MotoGP Mandalika Bikin Marquez Sadar

Marc Marquez mengatakan tes MotoGP Mandalika membuatnya sadar bagaimana cara mengendarai sepeda motor Honda RC213V yang disebutnya sangat berbeda dari musim-musim sebelumnya.

Marquez mengakhiri tes di Sirkuit Mandalika di posisi sembilan. Namun juara dunia MotoGP enam kali itu hanya terpaut 0,4 detik dari rekan setimnya di Repsol Honda, Pol Espargaro, yang menjadi pembalap tercepat.

Pembalap asal Spanyol itu mengatakan tes MotoGP Mandalika membuatnya sadar bagaimana cara mengendarai motor RC213V untuk MotoGP 2022. Marquez mengatakan RC213V 2022 sepeda motor yang sangat berbeda dari musim-musim sebelumnya.

“Saya membutuhkan hal lain. Saya sangat butuh merasakan bagian depan dalam mengendarai motor, dan sepeda motor ini lebih banyak dikendarai dengan bagian belakang. Pada tes pertama [di Sepang] saya tidak menyentuh apapun dan hanya coba memahami sepeda motor,” ucap Marquez dikutip dari AS.

“Sementara di tes kedua [Mandalika], saya mulai membawanya ke kebiasaan saya, untuk mengetahui apa yang saya harus lakukan untuk tampil cepat. Tidak ada motor yang sempurna, tapi pembalap harus beradaptasi dan tim harus membantu memaksimalkannya,” ujar Marquez.

Marquez menganggap Honda membangun RC213V 2022 berdasarkan gaya balap Pol Espargaro. Hal itu bisa dipahami Marquez, karena The Baby Alien lebih banyak absen dalam dua musim terakhir di MotoGP karena cedera.

“Ini sepeda motor yang sangat berbeda. Ini perubahan terbesar sejak saya ada di Honda, dan saya sudah ada di sini sepuluh tahun. Di tim seperti Honda, ketika Anda menang, sekritis apapun sepeda motor, tim tetap sulit melakukan perubahan besar,” ujar Marquez.

“Hingga 2019 Honda menang, tidak ada perubahan besar yang dilakukan dalam sepeda motor. Tapi benar dalam dua tahun terakhir saya praktis tidak ada dalam tim dan hasilnya tidak bagus. Hal itu membuat Honda melakukan perubahan besar untuk mencari solusi. Ini sepeda motor, yang dari awal, tidak cocok dengan gaya saya,” ucap Marquez.

MotoGP 2022 akan dimulai dengan balapan di MotoGP Qatar, 6 Maret mendatang. Setelah itu MotoGP Mandalika akan menjadi seri kedua pada 18-20 Maret.

Related posts