Salah Saat Belajar Alquran, Khabib Selalu Dimarahi Ayah

Mantan juara dunia UFC Khabib Nurmagomedov mengaku selalu dimarahi mendiang ayah, Abdulmanap, jika salah saat belajar Alquran di sekolah.

Hal itu diungkapkan Khabib saat menghadiri acara di Miftaah Institute, Michigan, Amerika Serikat, pekan lalu. Pria asal Rusia itu awalnya sempat bingung kenapa Abdulmanap selalu memarahinya jika dia salah saat belajar Alquran.

“Saya ingat ketika saya masih kecil. Saya latihan dan saya pergi ke sekolah untuk belajar, dan saya belajar Alquran, kalian tahu,” ujar Khabib dikutip dari Sportskeeda.

“Satu-satunya momen ayah akan memarahi saya adalah ketika saya mengalami hari-hari buruk bersama guru ketika belajar Alquran. Saya ingat ketika itu saya masih 8-9 tahun,” ucap Khabib yang pensiun dari UFC pada Oktober 2020.

Khabib sempat mempertanyakan sikap Abdulmanap. Namun pria yang saat ini menjadi pelatih dan promotor MMA itu bisa mengerti setelah Abdulmanap memberikan penjelasan.

“Saya bilang. ‘Kenapa kamu tidak pernah memarahi saya ketika saya buruk dalam latihan atau absen latihan?. Tapi ketika saya belajar Alquran, ketika saya mendapat hari buruk, kamu selalu memarahi saya?’,” tanya Khabib ke Abdulmanap.

“Ayah saya bilang, ‘Kita hidup di dunia ini bukan untuk menjadi atlet yang bagus, bukan jadi pelatih yang bagus atau lainnya. Kita hidup di dunia ini untuk menjadi muslim yang bagus’,” kata Khabib meniru ucapan Abdulmanap.

Abdulmanap meninggal pada 3 Juli 2020 di Moskow, Rusia. Usai mengalahkan Justin Gaethje pada Oktober 2020, Khabib memutuskan pensiun dan menyebut alasan utamanya pensiun adalah tidak bisa bertarung tanpa kehadiran Abdulmanap.

Related posts