Rekam Jejak Clement Turpin, Wasit Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid

Rekam Jejak Clement Turpin, Wasit Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid

Lacasaazulvinosandrooms.com – Berikut ini track record Clement Turpin. Wasit asal Perancis akan menjadi pengadil lapangan dalam laga final Liga Champions 2021/2022 antara Liverpool melawan Real Madrid di Stade de France, Minggu (29/5/22) dini hari WIB.

Read More

Wasit menjadi elemen penting dalam sebuah pertandingan, terutama final Liga Champions. Satu kesalahan kecil dalam sebuah momen bisa mengubah jalannya pertandingan.

Untuk itu, fisik dan kualitas saja tak cukup untuk memimpin sebuah laga besar. Mental menjadi faktor utama agar bisa mengendalikan setiap situasi, termasuk potensi adanya ketegangan kedua kubu.

Clement Turpin harus siap dengan segala faktor tersebut. Ketika partai final dihelat di Perancis, negara ini turut mengirimkan wakil sebagai pengadil lapangan.

Baca Juga:
Mesut Ozil Salat Jumat di Masjid Istiqlal, Pakai Peci Hitam dan Didampingi Imam Besar Nasaruddin Umar

Clement Turpin akan menjadi representasi dari sepak bola Perancis. Ketika memimpin dengan sukses, sepak bola Perancis bisa tersenyum. Namun jika ada satu saja kesalahan fatal, maka wasit Perancis dalam sorotan.

Track Record Clement Turpin

Tentu saja Clement Turpin dipilih sebagai wasit final Liga Champions Eropa, bukan sekadar statusnya sebagai warga negara Perancis. Wasit berusia 40 tahun ini memiliki jam terbang tinggi.

Sebelum memimpin berbagai level pertandingan bergengsi, Clement Turpin mengawali karir sebagai pengadil tahun 2006 di kompetisi domestik Perancis.

Karir internasional baru dimulai pada 2010 lalu, ketika sudah mengantongi lisensi wasit FIFA. Ia memimpin laga Piala Dunia 2014 dan 2018, serta menjadi wasit Olimpiade 2016.

Baca Juga:
Liverpool vs Real Madrid, Kura-kura Berusia 30 Tahun Prediksi The Reds Bakal Bungkam Los Blancos

Mengutip Sportmole, dalam 12 bulan terakhir, Clement Turpin sudah memimpin 38 pertandingan. Perjalanannya tak sekadar memimpin setiap partai di Ligue 1 atau kompetisi strata tertinggi Perancis.

Selain 18 partai Ligue 1, Clemen Turpin turut memimpin empat laga kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, 3 pertandingan Liga Europa, 2 laga Piala Dunia Antarklub, 2 pertandinga kejuaraan Eropa serta 9 pertandingan Liga Champions.

Total dalam 12 bulan terakhir, ia mengeluarkan 120 kartu kuning atau 3,16 kartu per pertandingan serta 12 kartu merah atau 0,32 per pertandingan.

Chelsea vs Real Madrid

Dari 38 pertandingan yang dipimpin setahun terakhir, Clement Turpin pernah memimpin partai panas antara Chelsea melawan Real Madrid di Stamfort Bridge, 6 April 2022 lalu.  

Partai itu merupakan leg pertama babak 8 besar Liga Champions. Clement Turpin memimpin pertandingan dengan bagus. Real Madrid menjadi pemenang dengan skor 3-1.

Clement Turpin mengeluarkan dua kartu kuning dalam laga itu. Satu kartu untuk bek Chelsea, Antonio Rudiger dan bek Real Madrid, Eder Militao. 

Kritik pedas pada kinerja wasit justru terjadi pada leg kedua, namun bukan Clement Turpin yang memimpin laga di Santiago Bernabeu. Setelah laga itu, ia hanya memimpin empat partai di Ligue 1.

Hujan Kartu Porto vs Atletico Madrid

Pertemuan Porto melawan Atletico Madrid dalam fase grup B Liga Champions musim ini menjadi yang paling mencengangkan. Betapa tidak, Clement Turpin mengeluarkan tiga kartu merah dan empat kartu kuning.

Partai yang berkesudahan 3-1 untuk Atletico Madrid ini menghadirkan drama. Tiga dari empat gol yang ada tercipta pada masa tambahan terakhir.

Hujan kartu sendiri sudah menghiasi laga setelah menit ke-60. Kubu Porto mendapat tiga kartu kuning, masing-masing untutk Taremi, Otavio dan Pepe. Sementara Atletico Madrid hanya mendapat satu kartu kuning untuk Correa.

Sementara dua kartu merah harus didapat Porto, yakni untuk Marchesin dan Wendell. Sementara Atletico Madrid mendapatkan satu kartu merah untuk Carrasco.

Kontributor : Lukman Hakim



#Rekam #Jejak #Clement #Turpin #Wasit #Final #Liga #Champions #Liverpool #Real #Madrid

Sumber : www.suara.com

Related posts